29 C
Semarang
, 21 May 2024
spot_img

Ratusan Pemudik Balik Gratis ke Jakarta

Boyolali, Jatengnews.id – Dengan menggunakan tujuh bus, para pemudik yang baru saja merayakan Lebaran bersama keluarga di wilayah eks Karesidenan Surakarta, kembali ke perantauan.

Para pemudik ini kembali ke Jakarta dan sekitarnya dengan menggunakan bus gratis yang disediakan oleh Kementerian Agama, Jumat (19/4/2024).

Para pemudik ini secara bersamaan di berangkatkan melalui Asrama Haji Donohudan, Kabupaten Boyolali.

Baca juga: Pemudik Lebaran di Tol 1,8 Juta, 38 Persen Masuk GT Kalikangkung

Wakil Menteri Kemenag RI Saiful Rahmat Dasuki usai memberangkatkan para pemudik menjelaskan program balik gratis ini  merupakan upaya Kemenag dalam memberikan kemudahan terhadap para pemudik yang  balik ke Jakarta dan sekitarnya.

Menurutnya, balik gratis ini diikuti sebanyak  1.000 pemudik  se Jawa Tengah dengan menggunakan  20 bus.

“Pemudik yang akan kembali ke perantauan ini tersebar di  Semarang, Rembang, Magelang, Purwokerto, Pemalang dan Karisidenan Surakarta.  

 “Untuk Karesidenan Surakarta terdapat 7 bus dua bus untuk tujuan Bandung Jawa Barat dan lima bus dengan tujuan Jakarta,”terangnya.

Program balik kerja bareng tersebut Kemenag Jateng juga menyediakan cek kesehatan gratis bagi para peserta dilakukan sebelum pemberangkatan.

Baca juga: Pemudik Lebaran Lintasi Jateng Capai 16,86 Juta Orang

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Provinsi Jawa Tengah Mustain Ahmad menambahkan bahwa balik kerja bareng Kemenag Jateng ini tidak dibiayai oleh pemerintah, melainkan dana hasil gotong royong dari para pegawai negeri sipil (PNS) Kemenag Jateng.

“Seluruh biaya merupakan dana gotong royong ASN Kemenag Jateng. Para pemudik juga mendapatkan pemeriksaan dan makan gratis,”tambahnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN