34 C
Semarang
, 29 May 2024
spot_img

Kolaborasi Udinus dan IEEE Luncurkan Berbagai Inovasi Teknologi Robotik Terbaru

Semarang, Jatengnews.id – Robotik menjadi salah satu inovasi yang dapat meringankan kegiatan manusia sehari-hari. Sebagai upaya melahirkan inovasi robotik terbaru, Fakultas Teknik (FT) Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) menjadi tuan ruang kegiatan IEEE R10 Robotics Competition 2024 yang mempertemukan inovator-inovator dari seluruh Indonesia.

Sebagai tuan rumah, Udinus memfasilitasi perlombaan untuk stage 1 phase 2. Diikuti oleh 10 tim yang berasal beberapa perguruan tinggi di berbagai wilayah. Pada fase ini seluruh tim ditugaskan untuk mendemonstrasikan inovasinya di depan juri, serta menyelenggarakan pameran. Fase tersebut berjalan dengan lancar dan diselenggarakan di aula theater gedung I lantai 6 Udinus, pada Sabtu (27/04/2024).

Baca juga : Tekan Angka Pengangguran di Indonesia UDINUS Segera Gelar Job Fair ke-27

Dalam sambutannya, Dekan FT Udinus Ir. Heru Agus Santoso, Ph.D., menjelaskan bahwa kompetisi kali ini berfokus pada adu gagasan desain dan teknologi yang kreatif dan inovatif. Inovasi yang mampu memberikan manfaat bagi umat manusia. Seperti robot medis, pengelolaan sampah, hingga pengangkut barang.

“Ajang ini sekaligus upaya kami memfasilitasi generasi muda untuk memperkenalkan inovasinya hingga ke taraf internasional. Nantinya dua tim yang lolos pada stage ini akan lanjut ke tahap berikutnya di tingkat asia pasifik. Kemudian stage terakhir akan berlangsung di bulan Agustus mendatang di Tokyo,” ujarnya.

“Dorongan penuh tentu sudah kami berikan kepada mahasiswa Udinus. Harapannya mereka bisa eksis membawa nama perguruan tinggi hingga ke level tertinggi di kompetisi ini,” imbuh Dekan FT Udinus.

Selain beradu gagasan, seluruh peserta juga dibekali dengan Workshop Pre-University Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Workshop itu mencakup topik-topik terkait STEM yang relevan, teknologi robotik, pemrograman, dan inovasi teknologi.

Sementara itu, Chair of IEEE Indonesia Section (Represented) Pradini Puspitaningayu, Ph.D., merasa terhormat dapat mewakili IEEE untuk hadir langsung dalam perlombaan tersebut. Pihaknya juga berterima kasih kepada Udinus yang sudah kooperatif untuk menjadi tuan rumah. Kegiatan dapat berjalan lancar dan seluruh peserta terlihat antusias selama menyajikan gagasan desain dan teknologi inovasi.

“Komitmen Udinus untuk bekerja sama dengan IEEE sangatlah baik. Melalui kompetisi ini kami ingin menjawab berbagai permasalahan dalam skala global melalui teknologi robotik, pemrograman, maupun inovasi teknologi,” tuturnya.

Salah satu peserta lomba sekaligus Ketua Tim NextIn, Sisilia Cahyaningtiyas mengaku bersemangat dapat mengikuti salah satu ajang bergengsi tersebut. Ia bersama tim juga merasa bangga mampu meraih juara 1 dalam ajang yang diikuti beberapa perguruan tinggi. Ia bersama tim nya menampilkan inovasi Robotic Automated Health Station atau ‘Rahes’. Sebuah alat yang mampu menganalisa secara otomatis penyakit di 5 unit kesehatan.

Baca juga : Sedot Animo Masyarakat Becik-KU Inovasi Dosen dan Mahasiswa Udinus Hadir di Dugderan

“Ajang seperti ini menjadi salah satu batu loncatan kami sekaligus mengenalkan Rahes ke berbagai instansi lewat dewan juri yang hadir. Harapannya inovasi kami bisa lebih dikenal oleh instansi lain dan bisa semakin disempurnakan,” tutupnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN