28 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Peduli TBC, Kelurahan LPDP Semarang Gelar Baksos

Semarang, JatengNews.id – Kelurahan LPDP (Lembaga Pengelola dana Pendidikan) Semarang menggelar bakti sosial (baksos) dengan mensupport nutrisi.

Kelurahan LPDP Semarang menggelar baksos bekerja sama dengan sedekah untuk umat Semarang (SKUAT), Foid Klinik Spesialis Luka serta SSR Mentari Sehat Indonesia Kota Semarang di Puskesmas Karangdoro, Semarang.

Kegiatan Kelurahan LPDP ini tidak hanya berfokus pada orang yang sedang sakit untuk di support nutrisinya, namun juga berfokus pada yang sehat agar semakin meningkat kesehatannya.

Kegiatan ini terdiri dari senam dan sarapan bersama, pembagian doorprize, skrinning TBC, cek kesehatan (berat badan, tekanan darah, gula darah, dan asam urat.

Baca juga: Urban Farming Jadi Program Kerja Unggulan Mahasiswa KKN UPGRIS Kelompok 36 di Kelurahan Pedurungan Tengah

“Kami berhasil mengajak berkolaborasi mitra dalam kegiatan ini,” ujar saroh selaku koordinator kerjasama eksternal.

Jumlah kasus tuberkulosis yang semakin tinggi di Kota Semarang berjumlah 6.527 pada tahun 2023, ini sangat mengkhawatirkan, karena TBC merupakan penyakit menular yang dapat menyebar melalui berbagai cara. Maka pentingnya bakti sosial ini guna mencegah dan membantu masyarakat sekitar.

Kegiatan ini di dukung penuh oleh Staff program SSR Mentari Sehat Indonesia Kota Semarang, yaitu Much Nurkharista Al Jihad, sehingga dapat berjalan dengan lancar.

Pada sesi skrinning semua warga berpastisipasi dengan baik sesuai dengan antrian yang diberikan panitia. Beberapa warga sangat senang dengan adanya BAKSOS ini. Seperti yang disampaikan oleh bapak Slamet.

“Alhamdulillah, mantap sekali saya sangat terbantu dengan adanya cek TBC dan gula darah ini, apalagi gratis, semoga dapat terus dilakukan, supaya kami juga dapat cek kembali,” ujar bapak slamet selaku warga.

Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari kelurahan LPDP Semarang, dan program kegiatan yang sangat penting, karena melihat kepedulian mahasiswa LPDP terhadap angka TBC yang semakin meningkat. Hal tersebut disampaikan oleh Yovita Aryani selaku ketua divisi sosial dan pengabdian.

Baca juga: Penumpang Kapal Lompat ke Laut Saat Hendak Sandar di Pelabuhan Tanjung Emas

“Sebagai penerima beasiswa LPDP, sudah menjadi kewajiban bagi kami untuk turut serta berkontribusi untuk masyarakat sekitar,” ujar Yovita.

Dengan adanya kegiatan Baksos yang diadakan Kelurahan LPDP Semarang yang bekerja sama dengan beberapa mitra, memberikan dampak positif bagi warga sekitar yang hadir pada acara tersebut. Begitu juga seperti yang di sampaikan oleh Lurah LPDP Semarang, Muhammad Deriil P.

“ Semoga melalui kegiatan ini masyarakat yang sehat semakin sehat, yang belum terdeteksi segera di temukan melalui skrinning dan yang sedang sakit semakin semangat pengobatannya,” ujar Lurah LPDP Semarang. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN