31 C
Semarang
, 12 June 2024
spot_img

Antisipasi Laka, Polres Karanganyar Ram Check Bus Wisata

Karanganyar, Jatengnews id – Mengantisipasi terjadinya kasus kecelakaan bus pariwisata yang mengakibatkan 11 orang meninggal dunia di Subang Jawa Barat  beberapa waktu lalu, Polres Karanganyar  melakukan Ram Check terhadap dua PO bus khusus pariwisata.

Kasat Lantas Polres Karanganyar AKP Aliet Alphard  melalui  Kasi Kamseltibcar lantas, Ipda Teguh Suwarno kepada wartawan, Sabtu (18/5/2024) menyampaikan, pemeriksaan bus pariwisata dilakukan untuk memastikan jika bus yang akan  digunakan untuk mengantar para wisata khususnya siswa yang akan berwisata, layak untuk digunakan.

Baca juga: Potensi Wisata Kampung Pelangi Tinggi, Mbak Ita Minta Kebersihan dan Penataan Lingkungan Diperhatikan

Dijelaskannya, pemeriksaan kendaraan meliputi, usia bus, mesin, rem, lampu.

“Kita cukup prihatin atas kejadian kecelakaan yang mengakibatkan puluhan siswa meninggal dunia. Untuk mengantisipasi kejadian tersebut, kami melakukan pemeriksaan bus di wilayah hukum Polres Karanganyar,”ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan, seluruh bus dinilai masih layak untuk beroperasi.

“Ada dua perusahaan bus yang kita periksa. Hasilnya masih aman dan layak digunakan. Kami hanya menyarankan agar kursi dilengkapi dengan sabuk pengaman,”katanya.

Baca juga: Viral Kecelakaan Bus Pelajar Jabar, Disdikbud Jateng Larang Piknik Sekolah

Dikatakannya, Sat Lantas akan melakukan pemeriksaan bus secara rutin.

“Kami juga akan melakukan sosialisasi ke sekolah. Jika akan melakukan perjalanan wisata, harus berkoordinasi dengan Polres dan Dishub. Jika akan melakukan perjalanan wisata, bus yang akan digunakan harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu,”pungkasnya. (Iwan-02).

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN