29 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

DP4 Pilkada 2024 di Temanggung Capai 619.518 Orang

Temanggung, Jatengnews.id  – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah telah mendata Daftar Penduduk Potensial Pemilih Pemilu (DP4) untuk Pilkada Serentak 2024 sebanyak 619.518 orang.

“Dalam DP4 tersebut terdapat penambahan 3.461 orang dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pemilu 2024 kemarin sebanyak 616.057 orang,” kata Ketua KPU Temanggung, Henry Sofyan Rois dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng Senin (09/06/2024).

Baca juga : Pemkab Temanggung Fokus Atasi DBD di Enam Kecamatan

Ia mengatakan, selain penambahan dari pemilih pemula sebanyak delapan ribu orang, DP4 tersebut juga berasal dari warga yang masuk dalam daftar pemilih tambahan, maupun daftar pemilih khusus pada Pemilu 2024.

Pada tahapan selanjutnya, panitia pemutakhiran data pemilih atau Pantarlih akan melakukan pemutakhiran data dan daftar pemilih dengan mendatangi rumah-rumah warga pada Bulan Juni ini.

“Oleh karena DP4 telah turun, kami akan segera merekrut Pantarlih atau panitia pemutakhiran data pemilih. Kami akan melakukan pemutakhiran data dan daftar pemilih pada bulan Juni. Dalam pemuktahiran ini bakal melibatkan 2.376 Pantarlih,” imbuhnya.

Ia mengatakan, tugas dari Pantarlih ini adalah melakukan pencocokan dan penelitian atau coklit. Dari data itu akan didatangi ke rumah masing-masing warga atau pemilih untuk mencocokkan apakah yang bersangkutan sudah benar atau perlu perbaikan.

“Kemudian kita akan mengurangi pemilih-pemilih yang tidak memenuhi syarat, misalnya meninggal dunia, pindah domisili dan menjadi TNI Polri,” tegasnya.

Terkait dengan jumlah TPS pada Pilkada serentak 2024 ini di Temanggung sebanyak 1.303, atau turun dari sebelumnya 2.518 TPS.

“Karena berdasarkan peraturan Komisi Pemilihan Umum RI, satu TPS sekarang maksimal 600 pemilih,” imbuhnya.

Baca juga : Warga Mengarak Pendaftaran Wakil Bupati Temanggung Agus Setyawan di Kantor PDIP

Pilkada serentak 2024 di Temanggung digelar pada tanggal 27 November untuk memilih pasangan gubernur dan wakil gubernur, serta pasangan bupati dan wakil bupati. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN