31 C
Semarang
, 23 July 2024
spot_img

166 Jemaah Haji Indonesia Meninggal Dunia

Jakarta, Jatengnews.id – Sedikitnya 166 jemaah haji Indonesia meninggal dunia di tahun 2024.

Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes dr. Siti Nadia Tarmizi mengatakan jumlah 166 jemaah haji Indonesia meninggal dunia tersebut lebih rendah dibandingkan pada 2023 lalu yang mencapai 772 orang.

Baca juga : Dua JCH Asal Sukoharjo Gagal Berangkat Haji

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI memastikan bahwa tidak ada jemaah haji Indonesia yang meninggal dunia akibat heat stroke atau serangan panas di Mekkah, Arab Saudi.

“Kalau sampai saat ini tercatat 166 kematian, tetapi tidak ada yang disebabkan heat stroke. Angka kematian kita jauh lebih rendah dibandingkan tahun lalu karena skrining kesehatan yang baik sebelum pemberangkatan,” kata Nadia dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Jumat (21/06/2024).

Dia menambahkan, jemaah haji Indonesia ada yang sempat sakit akibat heat stroke sebanyak tiga orang. Setelah dapat pengobatan, seluruh pasien bisa sembuh. Ada pun jemaah yang meninggal rata-rata akibat penyebab lainnya.

“Penyebab kematian disebabkan stroke hemoragic, gagal napas, dan kardiovaskular lainnya,” ujar Nadia.

Suhu panas ekstrem memang sempat melanda daerah Mekkah, Arab Saudi. Suhu sempat mencapai 51,8 derajat celsius di Masjidil Haram, Mekkah pada Senin (17/6), kata pusat meteorologi nasional Saudi.

Akibat cuaca ekstrem tersebut, jemaah haji bahkan diminta untuk tidak lakukan lempar jumrah sebelum pukul empat sore karena bahaya panas berlebih yang bisa sebabkan heat stroke. Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) juga meminta jemaah haji Indonesia menuruti imbauan tersebut.

“Merujuk pada imbauan Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi, kami meminta jemaah untuk tidak melontar jumrah sebelum pukul 16.00 waktu Arab Saudi,” kata Staf Khusus Menteri Agama bidang Media dan Komunikasi Publik, Wibowo Prasetyo pada Senin (17/6) dilansir dari situs resmi Kementerian Agama.

Baca juga : VIDEO Calon Jamaah Haji Karanganyar Mulai Diberangkatkan

Berdasarkan laporan AFP, total jemaah haji yang meninggal mencapai 550 orang per Selasa (18/6). Dari jumlah tersebut, 323 di antaranya warga Mesir. Duta diplomat Arab mengabarkan kalau sebagian besar dari korban jiwa itu mengalami penyakit yang berhubungan dengan cuaca panas. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN