SEMARANG, Jatengnews.id – Kelompok Kerja (Pokja) Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, melakukan studi tiru ke Jawa Tengah, Selasa (16/12/2025).
Kunjungan ini dipimpin langsung Bunda PAUD Kabupaten Banggai, Syamsuami Amirudin.
Baca juga: 27 Ribu Anak PAUD Jateng Ikut Membatik Serentak, Pecahkan Rekor MURI
Rombongan disambut Bunda PAUD Jawa Tengah Nawal Arafah Yasin dan diajak meninjau PAUD Emas Tirta Kenanga di Kelurahan Bongsari, Kota Semarang.
Di lokasi tersebut, rombongan melihat langsung proses belajar anak-anak berbasis partisipasi masyarakat.
Syamsuami mengatakan, Jawa Tengah dipilih sebagai tujuan studi tiru karena inovasi PAUD yang dikembangkan dinilai berhasil dan berdampak luas.
“Setelah berbincang-bincang dengan Bunda PAUD Jawa Tengah, banyak sekali yang muncul di benak kami. Kabupaten Banggai insyaallah bisa seperti ini nantinya,” ujar Syamsuami, usai kunjungan.
Ia menyebut, studi tiru lintas pulau ini menjadi pembelajaran penting untuk meningkatkan kualitas layanan PAUD di Banggai. Sejumlah inovasi yang diperoleh akan dicoba diterapkan sesuai dengan kondisi daerah.
“Perjalanan ini adalah pelajaran terbaik bagi kami. Yang bisa kami bawa pulang adalah inovasi dan inspirasi untuk kemajuan PAUD di Banggai,” tambahnya.
Sementara itu, Nawal Arafah Yasin memaparkan sejumlah program unggulan Bunda PAUD Jateng, salah satunya PAUD Emas (PAUD Berbasis Masyarakat) yang menitikberatkan pada swadaya dan partisipasi warga.
Baca juga: Bunda PAUD Jateng Luncurkan Tiga Program Unggulan, Daerah Siap Bergerak Serempak
“Kita mengubah mindset, tidak selalu terpacu pada anggaran pemerintah, tetapi menggerakkan kekuatan swadaya masyarakat,” jelas Nawal.
PAUD Tirta Kenanga sendiri dikelola secara mandiri oleh warga, dengan operasional yang bersumber dari hasil penjualan air sumur artetis. Model ini mengantarkan PAUD tersebut meraih Penghargaan PAUD Terinovatif Nasional 2025.
“Kalau civil society bisa kita bangkitkan, layanan PAUD akan bergerak dengan kekuatan yang luar biasa,” tandas Nawal.(02)



