34 C
Semarang
, 20 July 2024
spot_img

Pemerintah Akan Lakukan Impor 1,6 Juta Ton Beras

Jakarta, Jatengnews.id – Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag, Isy Karim menjelaskan bahwa telah memberikan izin kepada Perum Bulog untuk melakukan impor beras sebanyak 1,6 juta ton.

“Kami sudah menerbitkan persetujuan impor, pertama 2 juta ton tahun 2024, dan ada tambahan 1,6 juta ton persetujuan impor sudah diterbitkan,” ujarnya dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id, Selasa (05/03/2024).

Baca juga : 7 Penawaran Promo Hemat Gojek Bagi Emak-Emak di Semarang, Menangkan Kompetisinya!

Isy melanjutkan, stok beras 500 ribu yang masuk dalam impor kloter pertama sudah masuk pada bulang Januari dan Februari 2024 lalu.

“Dari laporan Perum Bulog, realisasinya sudah lebih dari 500.000 ton pada triwulan pertama ini,” jelas dia.

Menurut Isy, stok beras yang masuk itu untuk memperkuat pasokan cadangan beras pemerintah (CBP). Sebab, CBP saat ini telah digunakan sebagai intervensi pasar untuk meredam kenaikan harga beras.

Dia melihat, kenaikan harga beras masih terjadi di pasar-pasar tradisional. Namun, harga beras sudah berangsur turun di Pasar induk.

Baca juga : Holiday Inn Express Semarang Simpang Lima Kenalkan Program Treasure of Ramadhan

“Pasar induk sudah mengalami penurunan tapi belum merambat ke pasar tradisional. Beras premium memang belum terjadi penurunan, ada kenaikan, tapi kenaikannya tidak setinggi minggu lalu,” pungkas dia. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN