27 C
Semarang
, 14 April 2024
spot_img

Gerakan Pangan Murah Temanggung Sediakan Lima Ton Beras SPHP

Temanggung, Jatengnews.id – Dalam rangka stabilisasi pasokan dan harga pangan jelang ramadan 1445H, Pemkab Temanggung melalui Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian, dan Perikanan (DKPPP) bersama Bulog menggelontorkan lima ton beras pada Gerakan Pangan Murah di Halaman Kantor DKPPP, belum lama ini.

Gerakan Pangan Murah menyediakan berbagai komoditas hasil pertanian dari beberapa Gapoktan, sembako, olahan makanan, dan juga Pasar Tani Pekarangan (Pastakaran) dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat.

Baca juga : Awas, Jual Beras SPHP Lampaui HET Bisa Terancam Sanksi

Kepala Bidang Pangan dan Tanaman Pangan (PTP) DKPPP, Sigit Sulistyo Budi menjelaskan, Gerakan Pangan Murah merupakan imbauan dari Presiden Republik Indonesia dan Badan Pangan Nasional (Bapanas) agar setiap daerah dapat menyediakan sembako dengan harga yang terjangkau melalui Gerakan Pangan Murah.

Dalam Gerakan Pangan Murah tersebut, DKPPP menggandeng Bulog untuk menyediakan beras SPHP dengan harga Rp54.500 per kemasan ukuran lima kilogram dengan total pasokan sebesar lima ton.

“Hari ini, ada lima ton beras SPHP yang disediakan oleh Bulog. Satu orang hanya bisa membeli satu sak, karena antusiasme masyarakat begitu banyak, dan agar distribusi beras SPHP-nya bisa merata,” jelas Sigit Sulistyo Budi dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng Kamis (07/03/2024).

Handoko (42), salah satu pengunjung menuturkan, masyarakat dimudahkan dan diuntungkan dengan adanya Beras SPHP, di saat semua harga masih relatif mahal. Handoko berharap, Gerakan Pangan Murah dapat diselenggarakan lagi, utamanya menjelang Hari Raya Idulfitri.

“Gerakan Pangan Murah sangat meringankan, karena sekarang kan apa-apa harganya mahal. Dengan adanya Gerakan Pangan Murah ini, beras kan kita dimudahkan dan diuntungkan sekali. Terima kasih sekali sudah diadakan gerakan seperti ini. Semoga ke depannya, Gerakan Pangan Murah ini ada lagi dan terus digelar menjelang Lebaran,” pungkasnya.

Baca juga : Pemerintah Klaim Harga Beras Mulai Berangsur Turun

Selain beras SPHP, DKPPP juga menyediakan beras lokal dengan harga Rp14.000 per kilogram, telur ayam ras seharga Rp29.000 per kilogram, bawang merah karet seharga Rp12.500 per kilogram, dan minyak goreng ukuran satu liter dengan harga Rp14.000. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN