27 C
Semarang
, 24 May 2024
spot_img

Pecahkan Rekor Muri, Pemkab Jepara Sajikan 9.783 Pindang Serani

Jepara, Jatengnews.id – Sajian pindang serani di Halaman Pendapa Kartini belum lama ini berhasil meraih penghargaan dari Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri). Tercatat, jumlah pindang serani yang tersaji sebanyak 9.783 porsi.

Perwakilan Muri Jawa Tengah, Sri Widayati mengatakan, sajian pindang serani tersebut menjadi anugerah Muri ke-23 untuk Pemerintah Kabupaten Jepara. Juga menjadi rekor kedua dalam masa kepemimpinan Edy Supriyanta sebagai Pj Bupati Jepara.

Baca juga : Pemkab Jepara Dapatkan Bantuan Rp119,4 Miliar dari Pemprov Jateng

“Semoga sajian pindang serani ini meningkatkan kegemaran kita untuk mengonsumsi ikan, sehingga dapat mencegah stunting,” kata Sri dikutip dari laman resmi Pemprov Jateng.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta menyampaikan, dengan adanya penghargaan tersebut, semakin mengukuhkan pindang serani sebagai makanan khas Jepara. Sehingga, diharapkan dapat mendukung ekonomi warga Jepara yang sebagian besar merupakan nelayan.

Disampaikan, sajian pindang serani sudah mulai disiapkan sejak Jumat dini hari dan disajikan secara gratis untuk masyarakat, lengkap beserta nasi. Dan mulai pukul 07.30 WIB, tim Muri mulai menghitung sajian tersebut.

“Dalam rencana kami, ada sekitar 9.200 porsi pindang serani. Namun setelah dihitung oleh Muri, ternyata ada 9.783 porsi. Ini luar biasa,” ujar Edy.

Edy tak menyangka angka tersebut melebihi prediksi awal, dan tercatat sebagai rekor dunia, tak hanya Indonesia.

“Jepara juga memiliki kopi, kopi tempur. Saya mempunyai cita-cita, agar ini juga dapat dicatat Muri, sebagai pengingat bahwa Jepara juga memiliki produk kopi,” tandasnya.

Usai menerima penghargaan, Pj Bupati mempersilakan masyarakat untuk menikmati pindang serani yang telah tersaji.

Sebagai informasi, pemecahan rekor tersebut merupakan rangkaian acara Hari Jadi ke-475 Kabupaten Jepara dan Hari Kartini ke-145, yang digelar mulai 26 sampai 30 April 2024. Selain pemecahan rekor Muri, juga digelar karnaval Kartini, bazar UMKM, nonton bareng layer tancap film Kartini.

Edy optimitis, perputaran ekonomi dari berbagai acara festival tersebut bisa menyentuh angka hingga Rp1 miliar.

Baca juga : Jepara Siap Sambut Pemudik dan Wisatawan Saat Libur Lebaran

“Harapan saya masyarakat bisa menikmati Hari Ulang Tahun Jepara dan belajar dengan baik, serta bekerja lebih semangat,” tuturnya. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN