28 C
Semarang
, 25 May 2024
spot_img

Pemerintah Buka Peluang Ganti Pertalite dengan Bioetanol

Jakarta, Jatengnews.id – Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan membuka peluang Pertalite diganti Bio Etanol.

Ia mengatakan pemerintah sedang menghitung pengadaan subsidi untuk bahan bakar nabati tersebut, sebagai salah satu komitmen dalam mengatasi masalah polusi udara.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Tambahkan 128.000 Tabung LPG 3kg di Kota Semarang

“Ya, tetap subsidi. Lagi kami hitung, supaya begini, targetnya yang kami subsidi adalah orang yang pantas disubsidi,” ujar Luhut dikutip dari Suara.com jaringan berita Jatengnews.id Sabtu (04/05/2024).

Luhut mengatakan bahwa pemanfaatan bioetanol merupakan salah satu langkah cepat untuk mengendalikan permasalahan polusi udara di Indonesia.

Dalam acara “Jakarta Future Forum: Blue Horizons, Green Growth”, Luhut mengungkapkan ambisi pemerintah untuk mengganti bahan bakar fosil dengan bioetanol.

Ketika disinggung mengenai kemungkinan penggantian Pertalite dengan bioetanol melalui pencampuran etanol ke Pertalite, Luhut tidak menutup kemungkinan tersebut.

“Harus ke sana larinya,” tegas dia.

Ia mengatakan bahwa pengembangan lahan tebu di Papua dengan luas sekitar dua juta hektare, merupakan salah satu langkah konkret pemerintah dalam mempercepat pengembangan bioetanol di Indonesia.

Baca juga : Pertamina Patra Niaga Jawa Bagian Tengah Bagikan Ribuan Paket Takjil di 9 Titik

“Nanti, akan pakai jagung, pakai tebu, atau kita juga bisa pakai rumput laut. Banyak pilihan kita,” kata Luhut. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN