28 C
Semarang
, 27 May 2024
spot_img

Grabb-Jentik Dilucurkan, Langkah Demak Menuju Bebas DBD

Demak, JatengNews.id – Pemkab Demak melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Demak meluncurkan program Gerakan Bersama Berantas Jentik (Grabb-Jentik).

Program Grabb-Jentik Pemkab Demak ini bertujuan untuk memerangi jentik nyamuk dan mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD).

Peluncuran program Gerakan Bersama Berantas Jentik (Grabb-Jentik) oleh Pemkab Demak berlangsung di Ballroom Hotel Amantis, Kabupaten Demak, Senin 13 Mei 2024.

Baca juga: Modus Curanmor Baru, Mencuri Pakai Daster Untuk Kelabui Identitas

Apresiasi pun diberikan Bupati Demak, Eisti’anah, terhadap inovasi yang diusung oleh Dinas Kesehatan.

Ia pun mengajak untuk bergotong royong dalam memerangi jentik nyamuk dan  menyerukan kepada seluruh lapisan masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam gerakan ypang dilakukan setiap hari Jumat.

“Kita harus mengambil tindakan nyata, bukan hanya sekedar sosialisasi. Mari kita bersatu dan bergerak bersama untuk membuat perubahan yang berarti,” ujar Bupati.

Kepala Dinas Kesehatan Demak, Ali Maimun, menyatakan bahwa selain gerakan bersama, fogging juga dilakukan meskipun memiliki beberapa dampak negatif.

“Kami ingin mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kebersihan lingkungan dan bagaimana hal itu dapat secara signifikan mengurangi risiko DBD,” kata Ali Maimun.

Iaelanjutkan bahwa  Grabb-Jentik juga bertujuan untuk menghidupkan kembali semangat gotong royong di kalangan masyarakat, yang telah menurun belakangan ini.

Baca juga: ESDM Jateng Ajak Masyarakat Beralih ke Kendaraan Listrik

“Dengan kerjasama dan partisipasi aktif dari sekolah-sekolah dan seluruh warga, diharapkan gerakan ini tidak hanya akan memutus mata rantai penularan DBD tetapi juga memperkuat ikatan komunitas,” ucapnya.

Data terbaru menunjukkan adanya penurunan kasus DBD di Kabupaten Demak, dari 285 kasus dengan dua kematian pada tahun 2023, menjadi 187 kasus dengan satu kematian di tahun 2024. Inisiatif Grabb-Jentik diharapkan dapat terus menekan angka penularan dan menjadikan Demak bebas dari DBD. (Nungki-01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN