31 C
Semarang
, 28 May 2024
spot_img

Sadar Arti Penting Personal Branding Formakip UIN Walisongo Buka Rangkaian Harlah dengan Workshop

Semarang, Jatengnews.id – Forum Mahasiswa KIP-K ( Formakip) UIN Walisongo Semarang menggelar acara Opening Ceremony Workshop Personal Branding dengan tema ” Satu dekade bersinergi, perkuat organisasi, menuju generasi emas berprestasi” yang diselenggarakan pada (14/05/2024) di Ruang Teater IsDB FITK.

Acara ini merupakan pembukaan serangkaian acara dalam peringatan hari lahir Formakip yang ke 1 dekade. Acara ini dibuka dengan pemukulan gong oleh Bu Dr. Ervin Tri Suryandari S.Si., M.Si selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi didampingi oleh Bagus Darmawan ketua panitia dan Miftahul Ikhsan Ketua Formakip UIN Walisongo.

Baca juga : Guru Besar UIN Walisongo Tanggapi Soal Berhaji Harus Pakai Visa Haji

Pemateri dalam workshop personal branding adalah Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. Dosen Public Relations UIN Walisongo dan Dico M.Ganundito,B.Sc. Bupati Kendal periode 2021-2025.

Ketua Panitia Bagus Dermawan mengharapkan agar peserta workshop hari ini dapat mengikuti proses acara sekaligus memperhatikan setiap materi yang di berikan oleh pemateri.

Senada dengan itu Miftahul Ikhsan juga berharap agar peserta bersikap baik, tertib agar acaraa tersebut dapat berjalaan dengan lancar.

Sementara itu, Wakil Dekan 3 Fakultas Sains dan Teknologi Dr. Ervin Tri Suryandari menyampaikan akan pentingnya personal branding dalam peningkatan, pemahaman dan keterampilan mahasiswa dalam membangun citra diri yang positif dan profesional.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan softskill peserta, meningkatkan motivasi peserta dalam meningkatkan kapasitas diri dan prestasi, mampu merancang komunikasi yang baik dalam aspek verbal dan non verbal dalam beberapa aspek (akademik dan non akademik), Terciptanya sumberdaya manusia yang berkualitas dan memiliki daya saing global di Era  5.0,” jelasnya.

Dosen Public Relations UIN Walisongo Alifa Nur Fitri,M.I.Kom. mengatakan pentingnya personal branding bagi mahasiswa. Terlebih sedang ramai dibicarakan tentang mahasiswa KIP-K, maka penting bagi mahasiswa melakukan counter dengan menyampaikan prestasi yang diraih.

“Organisasi itu sangat penting, karena dari situlah kita dapat mengembangkan diri agar dapat mengukur sejauh mana kemampuan kita untuk membranding diri”. ujarnya,

Ia menambahkan untuk membangun, menjaga sebuah organisasi dan publik. Diantara adalah komunikasi ekternal, yakni menyampaikan informasi, penyusunan strategi, krisis management, stakeholder engagesment, mengatur cara, serta analisa serta evaluasi.

Bupati Kendal yakni Dico M. Ganinduto, B.Sc, menambahkan personal branding adalah proses membangun citra unik dan meyakinkan dengan menggabungkan keterampilan, pengalaman, nilai, kepribadian, dan cerita hidup. Tujuannya adalah menciptakan kesan positif di mata orang lain.

” Membangun generasi emas melalui personal branding diantaranya yaitu bangun jaringan dan identitas diri , Kembangkan Proposisi nilai unik (UVP) melalui

Program Kepemudaan, dan Pantau  serta Evaluasi Potensi diri melalui Media Sosial”,ujarnya.

Ia mengungkapkan apresiasinya terhadap antusiasme para mahasiswa dalam mengikuti acara ini.

Adapun, para peserta nampak antusias dan siap mengikuti seluruh rangkaian acara yang telah disiapkan. Mereka berharap dapat mendapatkan wawasan dan keterampilan baru yang bermanfaat untuk mengembangkan diri dan mempersiapkan diri untuk memasuki dunia kerja yang kompetitif.

Baca juga : VIDEO UIN Walisongo Jaga Tradisi Ziarah ke Malam Ulama

Dengan adanya workshop ini, diharapkan para mahasiswa dapat lebih memahami pentingnya personal branding dalam mencapai kesuksesan karir, serta mampu mengaplikasikan konsep-konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari. Semoga workshop ini menjadi awal yang baik bagi para mahasiswa dalam membangun masa depan. (ADV/03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN