33 C
Semarang
, 12 June 2024
spot_img

DPD PDI Perjuangan Jateng Buka Pendaftaran Cagub dan Cawagub Jateng

Semarang, Jatengnews.id – DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah (Jateng) buka pendaftaran bakal calon Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024.

Dalam serangkaian pendafataran bakal calon Pemilihan Kepala Daerah ini, para tokoh yang ingin maju Gubernur – Wakil Gubernur, Wali Kota – Wakil Wali Kota dan Bupati – Wakil Bupati dipersilahkan untuk umum.

Sekira pukul 13:00 Wib, serimonial acara pembukaan dilaksanakan dari mulai penyanyian Indonesia raya hingga pembacaan doa bersama.

Baca juga: VIDEO Mantan Wakil Bupati Rober Christanto Ambil Formulir ke DPC PDI P

Dalam pembukaan tersebut, adat budaya Jawa yang dipimpin langsung oleh Bendahara DPD PDIP Jateng, Agustina Wilujeng.

“Ini menjadi bagin dari ritualnya orang Jawa, karena kita ini di Jawa Tengah, bahwa kalau memulai acara yang sangat penting kita akan potong tumpeng,” ujarnya Rabu (22/5/2024) dalam pelaksanaan upacara adat Jawa pembukaan pendaftaran di Kantor DPD PDIP Jateng.

Usai melakukan pemotongan tumpeng tersebut, dirinya menyerahkan kepada para kader yang bertugas menerima dan menjaga supaya pemdaftaran ini lancar.

“Ketua Panitianya ini mas Abang Baginda Muhammad Mahfuz Hasibuan, jelas bukan orang Jawa, tapi dia sudah tinggal di Jawa lama untuk PDI Perjuangan,” ucapnya.

Harapannya, proses pendaftaran yang bakal berjalan dari mulai 22 Mei 2024 – 30 Mei 2024 berjalan dengan lancar, baik pada saat pengambilan formulir maupun pengembalian.

“Seluruh tokoh yang memiliki potensi memimpin Jawa Tengah hadir di ruangan ini dan akan kita laporkan ke DPP PDIP sebagai calon-calon pemimpin Jawa Tengah,” paparnya.

Ia juga menyatakan, bahwa hal ini bagian dari tugas undang-undang untuk melakukan proses-proses politik untuk mencari calon-calon pemimpin.

Baca juga: Relawan Caleg PDI Perjuangan Sragen Demo KPU Sragen

“Hari ini kita lakukan tugas undang-undang itu dengan membuka pendaftaran. Ini tentunya kebijakan partai, secara serentak semuanya dibatasi sampai tanggal 31 Mei untuk tingkat DPD sampai dengan DPC (aturan DPP PDIP),” jelasnya.

Jika memang ada sosok yang terlambat daftar, dirinya mengarahkan untuk melayangkan pendaftaran di tingkat DPP PDIP secara langsung.

“Kami juga melakukan komunikasi terhadap partai lain untuk bisa rembukan Jawa Tengah kedepan karena Gubernur dua periode (Ganjar Pranowo) berartikan harus baru untuk mencari tipe calon pemimpin yang cocok dan tentu dapat mengakomodir semua kepentingan yang ada,” tandasnya. (Kamal-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN