26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Harga Hewan Kurban Naik di Sragen

Sragen, Jatengnews.id – Satu bulan menjelang Hari Raya Idul Adha atau Idul Qurban, para pedagang dan peternak sapi di Kabupaten Sragen mulai banyak menerima pesanan.

Banyaknya pesanan hewan kurban ini, menyebabkan harga mulai merangkak naik.

Baca juga: VIDEO Peternak Mulai Siapkan Hewan Kurban

Permintaan sapi yang mulai meningkat terjadi di Desa Purwosuman, Sragen. Setiap tahun,   sapi yang berasal dari desa ini menjadi tujuan utama masyarakat dari berbagai daerah untuk mencari hewan kurban. Terutama sapi.

Menurut sejumlah  peternak dan pedagang, permintaan sapi mengalami peningkatan jika dibandingkan sebelumnya. Harganya juga mengalami.kenailan antara Rp1 juta hingga Rp 4 juta per ekor.

Budi Setyawan, salah satu pedagang sapi kepada wartawan Sabtu (25/5/2024) mengatakan, jenis sapi yang paling banyak diminati untuk hewan kurban adalah jenis Metal, Limousin, sapi Jawa dan Jawa campuran.

Menurut Budi, harga yang ditawarkan bervariasi. Mulai dari Rp19 juta hingga Rp30 juta. Untuk harga di atas Rp30 juta, katanya peminat sangat sedikit.

Baca juga: Jelang Idul Adha, Peternak Mulai Siapkan Hewan Kurban

“Permintaan mulai banyak mas. Sebagian sudah ada yang melakukan pemesanan. Untuk harga, memang ada kenaikan,”ujarnya.

Kenaikan harga, jelas Budi disebabkan karena pasokan sapi dari luar daerah semakin sedikit. Kondisi ini ditambah lagi dengan kenaikan harga pakan ternak serta biaya pengiriman.(Iwan-02)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN