26 C
Semarang
, 23 June 2024
spot_img

Menikmati Atraksi Tempa Keris di Kota Solo

Solo Jatengnews.id – Kota Solo adalah salah satu kota yang kaya akan warisan budaya. Salah satu tradisi yang terus dilestarikan dan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan adalah seni menempa keris.

Keris, sebagai simbol spiritual dan warisan budaya, tidak hanya dikenal sebagai senjata tradisional, tetapi juga sebagai karya seni yang memiliki nilai filosofi tinggi.

Baca juga : Memeden Gadhu Desa Kepuk Bakal Diusulkan Jadi Warisan Budaya Tak Benda Indonesia

Dikutip dari laman resmi Pemkot Solo, melalui atraksi tempa keris, Kota Solo berusaha menjaga dan melestarikan warisan budaya ini, sekaligus mengenalkannya kepada generasi muda dan wisatawan.

Museum Keris Nusantara merupakan tempat pelaksanaan atraksi tempa keris di Kota Solo. Museum ini berlokasi Jl. Bhayangkara No. 2, Sriwedari, Laweyan, Solo.

Atraksi tempa keris sendiri dapat diikuti oleh masyarakat umum namun dengan jumlah terbatas pada setiap sesi.

Informasi mengenai jadwal pelaksanaan atraksi tempa keris dapat dilihat pada akun instagram @museumkerisnusantara. Bagi pengunjung yang belum beruntung dapat mengikuti agenda menyaksikan atraksi tempa keris pada sesi berikutnya.

Menjadi bagian dari pelaksanaan atraksi tempa keris merupakan pengalaman yang berharga dan penuh makna. Seni menempa keris bukan hanya tentang menciptakan sebuah benda, tetapi juga tentang menjaga nilai-nilai filosofi dan spiritual yang telah diwariskan oleh nenek moyang.

Dengan ikut menyaksikan pelaksanaan atraksi tempa keris maka secara tidak langsung telah terlibat dalam upaya melestarikan warisan seni dan budaya nusantara.

Baca juga : Syukuran Sedekah Bumi, Wujud Nguri-nguri Budaya Lewat Wayang Kulit dan Ketoprak

Oleh karena itu, mengambil kesempatan untuk menyaksikan atraksi tempa keris merupakan ide yang menarik dan perlu segera diwujudkan ketika berada di Kota Solo. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN