33 C
Semarang
, 26 May 2024
spot_img

Intensitas Hujan Tinggi, Masyarakat Diminta Waspada Selama Sepekan

Semarang, JatengNews.id – Intensitas hujan masih berpotensi tinggi, Pj Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana meminta masyarakat terus waspada.

Masyarakat diminta waspada saat hujan masih berpotensi tinggi menyusul ada 2 kejadian rob, 11 kejadian tanah longsor, serta 7 kejadian bencana di Jateng.

“Jadi saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap waspada terhadap kondisi cuaca selama sepekan ke depan,” ujar Nana usai meninjau arus balik Lebaran 2024 di Gerbang Tol Kalikangkung, Kota Semarang, Sabtu 13 April 2024.

Baca juga: One Way Arus Balik Diberlakukan, Pemprov Jateng Lakukan Pemantauan

Sesuai informasi BMKG, dalam satu minggu ke depan ini curah hujan masih akan turun dari sedang sampai tinggi.

Berdasarkan informasi tersebut, lanjut Nana, Pemprov Jateng sudah melakukan antisipasi-astisipasi, termasuk seluruh peralatan yang dimiliki juga disiagakan agar dapat cepat digunakan saat kondisi mendesak.

Meski demikian, koordinasi dengan BNPB, BMKG, serta BPBD di seluruh daerah di Jawa Tengah terus dilakukan. Termasuk menyiapkan modifikasi cuaca apabila curah hujan sudah tinggi atau ekstrem.

Baca juga: 12.600 Orang Pemudik Bus Asal Jateng Senang Dapat Fasilitas Mudik Gratis dari Pemprov

“Misalnya ada peningkatan curah hujan atau cuaca ekstrem, kami akan segera memohon bantuan untuk rekayasa atau modifikasi cuaca,” kata dia.

Sementara itu, berdasarkan pantauan di Posko Lebaran 2024 Pemprov Jateng per 12 April 2024, selama lebaran ini terpantau tidak kejadian bencana alam yang menonjol.

Data sementara menyebutkan hanya ada 2 kejadian rob, 11 kejadian tanah longsor, serta 7 kejadian bencana lainnya. Total kerugian materiil ditaksir mencapai Rp 80 juta. (01)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN