33 C
Semarang
, 12 June 2024
spot_img

Pelatihan Sibiling Dari Udinus Disebut Jadi Langkah Inovatif Meningkatkan Kualitas Bimbingan dan Konseling

Semarang, Jatengnews.id – Sistem Informasi Bimbingan Dan Konseling (Sibiling) dari Universitas Dian Nuswantoro (Udinus) semakin memperluas jejaknya setelah diluncurkan beberapa waktu lalu. Kali ini, para guru BK di Provinsi Jawa Tengah mendapatkan kesempatan untuk memahami lebih dalam tentang inovasi ini melalui pelatihan langsung yang diselenggarakan oleh tim Udinus.

Pelatihan tersebut dihadiri secara daring oleh 35 guru BK dari berbagai Kota dan Kabupaten di Jateng. Acara berlangsung di ruang rapat gedung H lantai 1 Udinus pada Jumat (07/06/2024) lalu. Pelatihan juga diikuti secara daring oleh ratusan guru BK dari Jateng dan Kota Kediri, melalui platform Zoom dan YouTube.

Baca juga : Roca-KU Hingga Robot Gamelan Inovasi Udinus, Pukau Seluruh Pengunjung di Festival Merdeka Belajar

Rektor Udinus, Prof. Dr. Ir. Edi Noersasongko, M.Kom., menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan tindak  lanjut dari peluncuran Sibiling beberapa waktu lalu. Ungkap Rektor Udinus, sistem tersebut ditujukan untuk meningkatkan kualitas bimbingan dan konseling dengan pemanfaatan teknologi informasi.

“Kami berharap Sibiling dapat membantu para guru BK dalam mengolah data siswa dan menyajikan pelaporan yang lebih baik dari perencanaan hingga evaluasi. Sekaligus menjadi upaya Udinus dalam menyebarkan kesadaran manfaat teknologi informasi untuk berbagai bidang,” jelasnya melalui siaran pers Senin (10/06/2024).

Ketua MGBK SMA Provinsi Jateng, Nurcahyo Adi Prasetyo, S.Pd., Kons., menyambut baik pelatihan sistem Sibiling yang diadakan oleh Udinus. Menurutnya sistem tersebut merupakan langkah penting bagi peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Seluruh peserta Guru BK yang berasal dari berbagai wilayah juga hadir dan mengikuti pelatihan dengan antusias.

“Selama ini, pengarsipan secara manual masih menjadi hambatan ketika akan dilacak untuk kebutuhan kedepannya. Dengan mempelajari dan menggunakan sistem Sibiling, kami yakin akan mempercepat dan menyederhanakan proses kerja para Guru BK di seluruh Indonesia,” ujarnya dengan keyakinan.

Sibiling memiliki fitur-fitur penting seperti pembuatan surat, konsultasi, dan bimbingan. Yang menarik, Sibiling dapat digunakan secara gratis oleh semua guru BK di Indonesia dengan syarat hanya perlu menghubungi Udinus untuk mendaftarkan akun. Berbagai keunggulan utama sistem inovasi Udinus, memiliki kemampuan untuk otomatis menyimpan surat-surat yang dibuat ke dalam database.

Baca juga : Udinus dan Kemenkop UKM Gelar Entrepreneur Hub Beri Wadah Bagi Wirausahawan Muda

Hal ini memungkinkan akses yang mudah dan cepat tanpa perlu menyimpan fisik surat. System itu di ajarkan pada Pelatihan dengan tema ‘Pemanfaatan Sibiling di Era Vuca’. (03)

Berita Terkait

BERITA TERBARU

- Advertisement -spot_img

BERITA PILIHAN